Dalam wajah modern kini, Mesir telah banyak mengalami kemajuan di bandingkan dengan sebelumnya dengan pendapatan perkapita US$ 1221, Tingkat Inflasi 2,5%, Mesir terus beranjak dari epringkat negara ketiga.Devisa utamanya banyak dihasilkan dari sektor pariwisata, hasil minyak , terusan suez dan beberapa industri menengah.


menempati wilayah seluas 1.002.000 km2, Mesir termasuk negara yang pengaturan penduduknya paling tidak merata di dunia.dimana hampir hampir 99% penduduk tinggal berdesakan pada sekitar 4% dari seluruh luas areal ( seanjang sungai nil ). Penyeabnya tentu karena 96% wilayahnya terdsiri dari padang pasir yang gersang. Panduduk negara ini sekarang mencapai 68,5 juta jiwa.dengan kepadatan penduduk 62 jiwa perkilometer persegi.Walau begitu pemerintah terus berusaha agar penyebaran penduduk tidak ahanya berpusat pada kota-kota lama, tapi juga menyebar pada kota satelit baru, seperti 6 october city,10 th of ramadhan city, sinai dan kawasan upper egypt.


Mesir terletak antara benua asia dan Afrika, meskipun orang banyak menganggap sebagian dari afrika, karena lebih dari 90% datarannya ada di Afrik, Posisi Mesir yang dekat dangan Asia dan bersebrangan dengan Eropa memang keliahatan srategis. disebelah utara berbatasan dengan laut tengah, sebelah selatan dengan sudan, sebelah barat dengan Libya sebelah timur dengan laut merah dan palestina dan israel.Negra yang luasnya lebih besar 2 kali dari pada pulau Sumatera adalh produsen katun terbesar dan merupakan eksprotir kapas keenam dunia.Selain juga termasuk negara dengan jumlah mahasiswa asing terbanyak, terutama kota kairo yang terkenal padat.
Sebagai pemilik peradaban lama, Mesir gencar menjual pariwisata budayanya.Devisa yang diperoleh mencapai US$ 3,4 milliar dengan jumlah wisatawan melampaui limit 2 juta setiap tahun.Nilai ekspornya sendiri hanya US$ 7,1 Milliar sementara nilai ekspor US$ 17,5 milliar.namun demikian meisr menyimpan harapan income yang tinggi pula dari terusan suez hingga 2002 sebanyak US$ 1,819 milliar telkah masuk ke kantong negara lewat sektor ini.

Peningkatan tersebut disebabkan bertambahnya kapal-kapal gas dan container yang melewati terusan suez denga kapasitas angkut 23 juta ton. untu itu penggalian terusan juga di tingkatkan hingga kedalaman 60 kaki. sedang perolehan dari pajak sangat sedikit. ini berkaitan dengan kebijaksanaan pemerintah yang menurunkan nilai pajak dan memperbesar subsidi, demi stabilitas didalam negeri.

Mesir juga bertumpunpada pada sektor pertanian , dimana dari sketor ini sanggup menampung 31% dari jumlah tenaga kerja. bendungan Aswan yang dibuka kembali pada awal 1971 mampu menignkatkan 30% supali air untuk pertanian. Usaha membuka lahan baru kini menjadi proyek utama, seperti tosyka, meskipun sebelumnya telah di lakukam dengan keberhasilan cukup minim.Bendungan tinggi Aswan kini berfungsi mengontrol banjir tahunan yang pernah menyebabkan lembah nil berada di bawah air, disamping juga sebagai pembangkit listrik.

Bidang pertahana dan keamanan juga menjadi fokus utama pemerintah negeri ini.sebagai kekuatan ketiga dalam mliter di timur tengah setelah israel dan syria, serta yang teregolong terkuat di kawasan Afrika, Mesir tak segan mengeluarkan ongkos tinggibagi departement pertahanan dan angkatan bersenjatanya.
menyangkut penerbitan Pers, mesir menganut sistem kelembagaan.Setiap lebaga dan partai politikberhak menerbitkan lebih dari satu media cetak.Ada beberapa lebaga pers nasional yang meluncurkan media cetak dalam jumlah besar.salah satunya dalah lembaga Al-ahram yang menerbitkan surat kabar al-ahram ( berbahasa arab ), Mingguan Al-ahram weekly ( berbahasa inggris ), dan Al-Ahram Ebdo ( berbahsa perancis).Distribusinya meluas hingga Amerika dan Eropa lewat jasa satelit.Al-ahram juga menerbitkan majalah