Menulis adalah kegiatan yang sangat menarik. Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dalam melakukan kegiatan ini. Tentu saja, manfaat tersebut dapat kita peroleh kalau kita melakukannya dengan niat dan cara yang baik.

KELANCARAN BERTUTUR
Ala bisa karena biasa. Itulah inti dari manfaat yang satu ini. Dengan menulis secara teratur, kita secara bertahap meningkatkan kelancaran kita dalam bertutur. Kelancaran ini tidak hanya meliputi kemampuan memilih dan menyusun kata-kata untuk mewakili maksud kita. Tapi juga meliputi kelancaran jari-jari kita menekan tombol-tombol keyboard atan kelincahan mereka memainkan pena.

SISTEMATIKA BERPIKIR
Ketika menulis, kita dituntut untuk sistematis karena dengan cara tersebut tulisankita menjadi mudah dipahami. Efisiensi dan efektifitas penyampaian pesan melalui tulisan sangat dipengaruhi oleh sistematika yang kita terapkan.

KETAJAMAN PERSUASI
Ya, hampir dalam setiap tulisan terdapat elemen persuasi yang sangat sulit dihapuskan. Persuasi memang sudah menjadi pekerjaan manusia sehari-hari. Oleh karena itu, peningkatan ketajaman persuasi tentu saja dapat memperlancar kehidupan sehari-hari kita.

Dan Allah Maha Mengetahui ....